Mulailah menulis dengan cara paling mudah

Write with Your Heart

Senin, 04 April 2011

Kidpreneur

Harga Pas:  Rp 30.000,-

Sinopsis:
Menggiring anak untuk terjun membangun usaha sendiri sejak dini memang bukan hal mudah. Butuh kesabaran dan ketelatenan, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anak memiliki sifat moody, yaitu cepat bosan melakukan suatu pekerjaan. Sifat itulah yang mengharuskan orangtua terus mendampingi anak dan ekstra sabar.

Memperkenalkan anak pada dunia usaha membutuhkan waktu. Biarkan segala sesuatu mengalir sesuai keinginan dan kemauannya. Jangan terlalu menekan anak menjalankan usaha sebagaimana orang dewasa. Sesuaikan dengan takaran usia anak yang masih kecil atau remaja.

Berikan pengenalan ilmu wirausaha pada anak ibarat bekerja sambil bermain. Mulailah dengan mengenalkan bisnis kecil-kecilan pada anak Anda sesuai minatnya. Misalkan anak Anda punya banyak buku dan berlangganan majalah sedangkan teman-temannya tidak, ajari ia untuk menyewakannya ke teman-temannya.

Hal yang perlu diingat saat melatih anak menjadi wirausaha adalah menyesuaikannya dengan minat dan usia anak. Ingat juga bahwa anak-anak masih suka bermain. Biarkan ia menganggap kegiatan berwirausaha layaknya bermain dengan imbalan uang. Seiring bertambahnya usia, porsi pendidikan kewirausahaannya bisa bertambah.

Nah, kini coba Anda cermati apa kesukaan atau hobi anak Anda. Lihat apakah itu memiliki peluang bisnis. Karena pada dasarnya itu adalah kesukaannya, tentunya anak jadi bersemangat melakukannya. Waktu luangnya tidak terbuang sia-sia, ia mendapat uang tambahan, dan yang paling penting sudah mulai tertanam dalam dirinya kecintaan akan dunia wirausaha. Kalau anak masih terlalu muda untuk dilepas melakukan bisnis sendiri, ajak ia untuk membantu bisnis Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar